Ini Cara Unik Selandia Baru agar Wisatawan Ikut Merawat Alam

Rabu, 14 November 2018 - 15:31 WIB
Ini Cara Unik Selandia...
Ini Cara Unik Selandia Baru agar Wisatawan Ikut Merawat Alam
A A A
JAKARTA - Industri pariwisata Selandia Baru belum lama ini meluncurkan sebuah inisiatif yang mengundang para wisatawan untuk ikut merawat alam Selandia Baru dengan cara yang unik.

Lewat "Tiaki-Peduli Selandia Baru", industri pariwisata Selandia Baru memperkenalkan "Tiaki Promise" yang secara aktif mengajak semua wisatawan untuk menikmati Selandia Baru dengan aman, melindungi lingkungan, menghormati budaya dan menjaga Selandia Baru untuk generasi masa depan.

Tiaki diambil dari bahasa asli Selandia Baru, Te Reo Maori yang memiliki arti peduli terhadap orang dan tempat. Tiaki Promise merupakan undangan kepada para wisatawan untuk merawat Selandia Baru bersama para Kiwi (sebutan buat masyarakat Selandia Baru).

Chief Executive New Zealand Tourism, Stephen England-Hall mengatakan bahwa setiap orang memiliki tanggung jawab untuk merawat Selandia Baru, dan Tiaki Promise menggambarkan hubungan antara masyarakat Selandia Baru dengan tempat tinggal mereka.

"Selandia Baru terkenal akan sambutannya yang hangat kepada para pendatang. Atas dasar itu, kami mengundang seluruh dunia untuk bergabung bersama kami melalui Tiaki promise, sehingga rumah kami dapat terus dinikmati oleh generasi Kiwi dan wisatawan berikutnya," kata Stephen melalui keterangan pers yang diterima SINDOnews.

"Inisiatif ini dapat mengingatkan orang-orang untuk bepergian secara bertanggung jawab saat menikmati Selandia Baru, termasuk membuang sampah pada tempatnya, mengemudi dengan aman, serta menunjukkan perhatian dan kepedulian terhadap sesama," tambahnya.

Wisatawan yang berkunjung ke Selandia Baru akan belajar mengenai Tiaki Promise sebelum tiba dan saat bepergian di Selandia Baru. Mereka juga dapat memberikan dukungan di media sosial dengan menggunakan #tiakipromise. Tiaki Promise memiliki fondasi yang kuat dan bermakna dalam budaya dan tradisi suku Maori, di mana mereka percaya bahwa semua hal saling berhubungan; manusia dan tanah adalah satu.

Sebagai anak dari Papatuanuku (Ibu Pertiwi), Maori percaya bahwa mereka memiliki kewajiban untuk merawat Ranginui (Ayah Langit) dan semua anak-anak mereka. Dengan adanya hubungan yang mendalam ini, timbul rasa hormat, timbal-balik, dan keyakinan bahwa jika Anda merawat bumi, bumi akan merawat Anda. Meskipun berasal dari tradisi Maori, konsep ini telah menjadi bagian dari budaya Selandia Baru sebagai sebuah bangsa yang disebut "kaitiakitanga".

Simbol Tiaki Promise mencerminkan empat elemen yang membentuk lingkungan Selandia Baru: Ranginui adalah Ayah Langit, Tane Mahuta adalah hutan, Papatuanuku adalah Ibu Pertiwi, dan Tangaroa menggambarkan lautan, sungai, dan danau.

Chief Executive Officer Air New Zealand, Christopher Luxon mengatakan bahwa Tiaki-Peduli Selandia Baru adalah tentang kepedulian terhadap orang dan alam. "Selain meminta dukungan dari para wisatawan untuk peduli terhadap lingkungan, kami juga berharap mereka bisa mendapat pengalaman bepergian di Selandia Baru yang aman dan tak terlupakan," kata Luxon.

"Wisatawan internasional selalu berkomentar mengenai pemandangan alam kami yang menakjubkan, namun sebetulnya yang membuat pengalaman liburan mereka menjadi istimewa adalah interaksi dengan orang-orang Selandia Baru."

"Tiaki Promise adalah cara kami berbagi tentang budaya dan hal-hal yang kami anggap penting agar para wisatawan bisa memiliki pemahaman dan pengalaman yang lebih mendalam tentang Selandia Baru," tutupnya.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0916 seconds (0.1#10.140)